Situs Informasi Tempat Wisata, Sejarah, Dan Seni Budaya Di Kota Cianjur

Wednesday, January 17, 2018

Explore Curug Goong Potensi Yang Tersembunyi

Potensi Yang Masih tetap Tersembunyi 

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) telah di kenal mulai sejak lama jadi tujuan wisata paling utama di Jawa Barat, bahkan juga di Indonesia, serta telah di kenal juga di mancanagara. Hingga sekarang ini banyak object wisata yang sudah diperkembang serta ramai dikunjungi wisatawan. Tetapi selain itu banyak object wisata yang tersembunyi, satu diantaranya Curug Goong. 





Curug Goong, terdapat di lokasi kerja Resort PTN Tegallega, Seksi PTN Lokasi II Gedeh, Bagian PTN Lokasi I Cianjur, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Dengan administratif terdapat di Kampung Tabrik, Desa Gekbrong, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur. 

Aksesibilitas - menuju tempat air terjun ini cukup baik. Dua km. pertama dari Desa Gekbrong (jalan Propinsi Cianjur – Sukabumi), ditempuh lewat jalan aspal sepanjang ± 20 menit memakai kendaraan roda empat. Dari Kampung Tabrik, dilanjutkan dengan jalan kaki menyusuri jalan setapak ± 400 m dengan saat sekitaran 10 menit sampai tiba di tujuan Curug Goong. 




sejarah - Konon asal mula Curug Goong dari nama “Goong” karena bentuk dari dinding sekitaran air terjun/curug itu jika kita cermati dengan cermat juga akan mirip alat musik tradisionil yakni Goong (Gong). Curug Goong mempunyai ketinggian ± 65 m, lebar 6 m, pelataran/plaza sisi bawah ± 200 m², serta terdapat di ketinggian 1. 245 m dpl. Potensi flora di sekitaran areal air terjun bisa didapati yakni pohon type rasamala, puspa, kingkilaban, nangsi, serta banyak type yang lain. Potensi faunanya monyet ekor panjang, surili, tando, owa jawa, burung elang ular, serta banyak sekali lagi type fauna yang lain. 

Curug Goong yang masuk dalam zone rimba, begitu mungkin untuk diperkembang jadi object wisata alam, sesudah lewat sistem kajian. Mengingat akses yang relatif gampang serta potensi Object Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) , kombinasi pada keindahan bentang alam serta potensi flora dan fauna yang menarik.

Best Regard...
Muhammad Dodi Septiana

No comments:

Post a Comment