Situs Informasi Tempat Wisata, Sejarah, Dan Seni Budaya Di Kota Cianjur

Thursday, November 7, 2019

Kebun Raya Cibodas Destinasi Wisata Yang Cocok Untuk Piknik Keluarga

Indahnya Wisata Kebun Raya Cibodas di Cianjur 


Kebun Raya Cibodas Destinasi Wisata Yang Cocok Untuk Piknik Keluarga

Bila masih tetap ada sorga di muka bumi ini, jadi Cibodas tentunya yaitu sebagian dari surga itu. Sekianlah gambaran kekaguman seorang pakar fisiologi tumbuhan Dr. F. W. Went tentang keindangan Kebun Raya Cibodas. 

Dr. F. W. Went mungkin saja saja benar. Karena jika kita datang selekasnya ke Kebun Raya Cibodas, tidak terbayangkan keindahannya. Pohon-pohon dan tetumbuhan nan hijau terhampar sepanjang mata lihat. 


Kebun Raya yang luasnya 80 hektar yang ada di kaki Gunung Gede-Pangrango ini sudah lama dikenal jadi obyek wisata yang demikian menarik. Bahkan, ada yang berikan julukan Taman Firdaus di Asia. 

Indahnya Wisata Kebun Raya Cibodas di Cianjur 
Keindahan Kebun Raya Cibodas didukung oleh koleksi pepohonannya. Di sini tersimpan koleksi sebagian ratus pohon-pohon baik yang tua maupun pohon-pohon muda. Tercatat 5. 831 contoh tanaman dari 1. 206 tipe hidup disini. 

Kebun Raya Cibodas yang dimaksud pintu gerbang untuk sebagian pendaki gunung yang inginkan mendaki Gunung Gede dikunjungi tidak kurang dari 400. 000 orang. Beberapa lokasi yang disenangi pengunjung salah satunya rumah kaca (green house), Jalan Araucaria (auracarua Avenue), Air Terjun Cibodas dan tempat lanskap bersama kolam air mancur. 

Di rumah kaca yang di isi kaktus, Anda bisa saksikan anggrek dan tanaman langka yang bermacam jenis. Ada hampir 4. 000 contoh tanaman dari 350 tipe kaktus 360 tipe anggrek tersimpan di rumah kaca ini. 


Kebun Raya Cibodas Destinasi Wisata Yang Cocok Untuk Piknik Keluarga

Indahnya Wisata Kebun Raya Cibodas di Cianjur 
Jadi obyek wisata alam, Kebun Raya Cibodas, akan memanjakan. Anda bersama keluarga dengan keindahan alamnya. Udara sejuk, angin sepoi-sepoi dan kicauan burung akan membawa Anda ke alam yang diimpikan yg tidak terbayangkan lebih dahulu. 

Gemericik air mancur yang keluar dengan derasnya akan menyambut pengunjung sekian lewat pintu gerbang Kebun Raya Cibodas. Sebagian puluh ikan mas besar-besar yang menempati kolam cocok di seberang pintu gerbang, seakan mengajak Anda untuk nikmati Kebun Raya Cibodas sepuas-puasnya. 

Untuk menelusuri semuanya isi Kebun Raya Cibodas, jalan kaki makin lebih mengasyikkan. Namun, mengingat konturnya yang naik-turun, sebaliknya berkendaraan. Kecuali apabila fisik Anda kuat. 

Indahnya Wisata Kebun Raya Cibodas di Cianjur 
Kecuali menyuguhkan pohon-pohon nan hijau, di bagian belakang kebun di Anda dapat saksikan sungai yang airnya jernih. Karena membelah jalan, Anda harus melalui sungai yang penuh dengan bebatuan ini. Sungai ini ada pada ketinggian, sampai jika Anda lihat pemandangan sekitaran, terasanya akan berada di puncak gunung. Di sekitaran sungai ini, apabila kebetulan, Anda dapat bersua dengan kera bahkan babi rimba. 

Kebun Raya Cibodas ada di desa Rarahan, Cimacan, Cianjur. Jaraknya sekitaran 85 km dari Jakarta. Atau, sekitaran 90 menit perjalnaan lewat jalan raya Bogor-Puncak-Cianjur. Dari pinggir jalan raya kita masih tetap harus jalan atau menaiki kendaraan kurang lebih 4 km sekali lagi untuk tiba di sana. Kebun yang letaknya pada ketinggian 1. 500 m ini berhawa sejuk, 18 derajat celcius. 

Indahnya Wisata Kebun Raya Cibodas di Cianjur 
Konon, pembukaan Kebun Raya Cibodas terkait dengan sejarah masuknya kina di Indonesia. Pada awalnya, pakar botani Belanda Johannes Elias Teysmann menyiapkan tempat yang sekarang ini Kebun Raya Cibodas itu untuk perkebunan kina. Tetapi tanah di Cibodas tidak cocok untuk pohon kina. 

Bibit pohon kina yang dibawa dari negeri Belanda tiba di Batavia pada 11 April 1852 yang menjadikan hari lahirnya Kebun Raya Cibodas.

No comments:

Post a Comment