Situs Informasi Tempat Wisata, Sejarah, Dan Seni Budaya Di Kota Cianjur

Wednesday, January 17, 2018

Budidaya Sayuran Yang Sangat Menguntungkan

Menelisik Budidaya Brokoli di Cianjur, Jawa Barat 
Budidaya brokoli di dukung oleh letak geografis daerah yang ada di lereng gunung berketinggian 1000 mdpl 
Lokasi sayuran ini saat ini diperkembang jadi lokasi hortikultura. 
Lokasi sayuran ini saat ini diperkembang jadi lokasi hortikultura. Di Kabupaten Cianjur, persisnya daerah Cipanas, kecamatan Pacet, yang berjarak 20 km dari kota Cianjur, terkecuali di kenal jadi lokasi wisata pegunungan, juga adalah daerah penghasil sayuran. Lokasi sayuran ini saat ini diperkembang jadi lokasi hortikultura. Hasil produksi sayuran Kabupaten Cianjur gampang di pasarkan karna adalah keperluan teratur keseharian. Diluar itu di dukung oleh keringanan pemasaran mengingat tempat Cianjur ada di trek jalur ekonomi regional Jawa Barat.  
BUDIDAYA BROKOLI YANG SANGAT MENGUNTUNGKAN DI KOTA CIANJUR

Satu diantara komoditi sayuran yang banyak dibudidayakan oleh petani di daerah Cipanas Kabupaten Cianjur ini yaitu Brokoli, yang jadikan jadi satu diantara komoditi favorit di lokasi itu. Brokoli adalah sayuran yang mempunyai banyak faedah serta manfaat untuk badan serta kesehatan. Tanaman brokoli ini termasuk juga dalam suku kubis-kubisan. Sisi brokoli yang seringkali dikonsumsi yaitu sisi kepala bunga yang warnanya hijau serta teratur rapat. 

Budidaya brokoli terlebih diperkembang di daerah Pasekon, Pacet, Cipanas. Budidaya brokoli itu di dukung oleh letak geografis daerah yang ada di lereng gunung dengan ketinggian ± 1000 m dpl. Hingga sangat mungkin lokasi itu dipakai jadi lokasi pengembangan budidaya tanaman brokoli di Kabupaten Cianjur. 

Irwan, satu diantara petani Brokoli di daerah Cipanas mengakui budidaya brokoli ini pada prinsipnya gampang dikerjakan serta diaplikasikan oleh petani karna kriterianya gampang, asal mengaplikasikan system budidaya yang baik. Pada umur 2, 5 bln., brokoli telah dapat dipanen. Untuk perawatannya dikerjakan sehari-hari, dengan menyiraminya serta memotong daun-daunnya yang layu. 

Brokoli yang telah dipanen itu umumnya di pasarkan ke sebagian supermarket serta pasar tradisionil. Brokoli yang di jual ke supermarket mempunyai persyaratan ukuran batang lebih pendek dibanding brokoli yang di jual di pasar tradisionil dengan harga Rp 12 ribu/kg. Sedang untuk pasar tradisionil, brokoli di jual seharga Rp 7 ribu/kg. 

Beberapa petani brokoli rata-rata dapat memanen sekitaran 1 kuintal brokoli setiap harinya serta segera didistribusikan ke pasar tradisonal di lokasi Cianjur serta Bogor serta supermarket di daerah Bogor, Jakarta serta Tangerang. Product brokoli asal Cianjur ini, terkecuali di kirim ke beragam kota di Jawa Barat juga seringkali di pasarkan ke Kalimantan, Medan, bahkan juga telah menembus pasar export seperti Singapura, Jerman, serta Abu Dhabi.
berikut artikel tentang budidaya sayuran brokoli di kota cianjur, kita harus bangga menjadi warga cianjur. cianjur kota yang subur, dan jangan lupa kita sebagai warga kota cianjur selalu senantiasa menjaga kelestarian alam di kota cianjur ini. semoga artikel saya ini bermanfaat bagi rekan rekan semua, terima kasih telah berkunjung.

Best Regard
Muhammad Dodi Septiana

No comments:

Post a Comment